Home CPNS



Rekrutmen CPNS dan PPPK yang dibuka secara besar-besaran di tahun 2023 ini menawarkan banyak sekali formasi menarik. Dilansir dari situs indonesiabaik.id, setidaknya terdapat total 1.030.751 formasi CPNS 2023 yang termasuk dengan PPPK.


Lalu bagaimana rincian dari formasi yang dibuka tersebut? Adakah informasinya yang lebih detail?


Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda dapat melihat penjelasannya di bawah ini.


Jumlah Formasi yang Dibutuhkan


Dalam rangka penyelenggaraan seleksi CPNS dan PPPK, rencana kebutuhan yang ada di tahun 2023 ini adalah sebanyak 1.030.751 formasi, yang terdiri dari CPNS dan PPPK.

Pemerintah pusat sendiri hingga saat ini menetapkan sekitar 46.666 kebutuhan, dan pemerintah daerah pada angka 943.373 formasi, dan formasi CPNS dari sekolah kedinasan adalah sebesar 6.259 formasi.

Namun demikian pengadaan CASN di tahun 2023 ini juga mempertimbangkan beberapa variabel spesifik, mulai dari indikator jumlah PNS yang pensiun, kebutuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, serta letak geografis dan kemampuan anggaran yang dimiliki.


Rincian Alokasi Formasi Masing-Masing Bidang

Masih mengacu pada informasi yang disampaikan pada indonesiabaik.id, KemenPAN-RB dibuka untuk umum dan tidak hanya untuk jalur sekolah kedinasan saja. Tapi dalam proses kali ini pemerintah akan fokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan, serta prioritas untuk talenta digital.

Secara rinci, berikut kebutuhan nasional untuk ASN di tahun 2023 yang diumumkan tersebut.


1. Untuk CPNS


  1. Formasi dosen sebanyak 15.858
  2. Formasi tenaga teknis sebanyak 18.595


2. Untuk PPPK

  • Formasi dosen sebanyak 6.742
  • Formasi guru di pusat sebanyak 12.000
  • Formasi tenaga kesehatan di pusat sebanyak 12.719
  • Formasi tenaga teknis di pusat sebanyak 15.205
  • Formasi guru di daerah sebanyak 580.202
  • Formasi tenaga kesehatan di daerah sebanyak 327.542
  • Formasi PPPK tenaga teknis sebanyak 35.000

3. Untuk PNS Lulusan Sekolah Kedinasan

Formasi yang dibutuhkan adalah sebanyak 6.259

Peluang yang Besar


Sebenarnya jika melihat data di atas, peluang yang besar dapat diperoleh oleh setiap masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat dari rekrutmen ini. Dengan banyaknya formasi yang ada, opsi yang tersedia akan semakin banyak, dan masyarakat yang memiliki kualifikasi yang tepat dapat mengambil kesempatan menjalani proses seleksi ini.


Tentu saja, seleksi akan berjalan dengan proses yang adil dan transparan, sehingga semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam berkompetisi.


Itu tadi sekilas mengenai formasi CPNS 2023 yang bisa disampaikan. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!


Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber: suara


Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top